Assalamu'alaikum.... ^_^ Jenis Kecerdasan (Kecerdasan majemuk manusia)

Jenis Kecerdasan (Kecerdasan majemuk manusia)

Jenis Kecerdasan (Kecerdasan majemuk manusia)
Setiap manusia pasti meiliki kelebihan dan juga kekurangan. Hal tersebut juga yang menyebabkan bahwa kecerdasan setiap orang tidaklah sama. Hogward Gardner yang merupakan seorang ahli psikology dari Harvard University adalah seorang ilmuan yang menemukan hal tersebut. Beliau awalnya mengatakan bahwa kecerdasan majemuk manusia atau multple intelengence ada tujuh. Namun seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan multiple intelengence tersebut kini adalah delapan.

Setiap manusia memiliki kedelapan kecerdasan tersebut. Namun yang membedakannya dengan manusia yang lain sehingga dikatakan kelebihan atau kekurangan yaitu pada kecerdasan yang palin menonjol atau dominan. Sebagai contoh : Kadang orang menganggap bahwa siswa yang memiliki kecerdasan matematis sebagai orang yang pintar. Namun survei membuktikan bahwa siswa yang bandel di kelas yang sering tidak membuat PR, justru dalam berkerja bisa sukses menjadi pemimpin atas orang-orang yang dikenal pintar dan rajin di kelas. Hal ini dikarenakan mereka yang bandel tersebut bukanlah bodoh melainkan mereka tidak menonjol dalam bidang matematis dan lebih menonjol pada jenis kecerdasan lainnya. Maka dari itu ada baiknya kita mengetahui kecerdasan dominan yang kita miliki supaya bisa dikembangkan untuk meraih kesuksesan.

Berikut adalah jenis kecerdasan manusia (multiple intelengence) yang terbagi atas delapan :
  • Kecerdasan linguistik (bahasa) : Bentuk kecerdasan ini dinampakkan oleh kepekaan akan makna dan urutan kata serta kemampuan membuat beragam penggunaan bahasa untuk menyatakan dan memaknai arti yang kompleks. Tokoh yang mendalami kecerdasan ini adalah William shakespeare, Martin Luther King Jr, Soekarno, Putu Wijaya, Taufik Ismail. Selain mereka para jurnalistik yang hebat, ahli bahasa, sastrawan, tentunya pasti memiliki kecerdasan ini.
  • Kecerdasan Logika (Matematika) : Kecerdasan ini berkaitan dengan pelajaran matematika dan yang paling mudah untuk distandarisasikan dan di ukur. Kecerdasan ini sebagai pikiran analitik dan saintifik. Kita bisa melihat kecerdasan ini pada ahli komputer, ahli sains, akuntan, banker atau ahli matematika. Tokoh yang terkenal adalah B. J. habibie, Madam Currie, Blaise Pascal.
  • Kecerdasan Spasial (Visual) : Bentuk kecerdasan ini yaitu mampu dalam menghasilkan imajinasi mental dan menciptakan representatif grafis, mampu memikirkan tiga dimensi, mampu menciptakan ulang dunia visual. Kecerdasan ini berkaitan dengan pelajaran menggambar. Dapa ditemukan pada diri pelukis, pematung, programmer komputer, desainer, arsitek. Tokoh yang terkenal yaitu Picasso, Walt Disney, garin Nugroho.
  • Kecerdasan Kinestetis (Tubuh) : Bentu dari kecerdasan ini yaitu mampu menggunakan pikiran untuk menhubungkan dengan aktifitas tubuh seperti menari, pantomin, seni bela diri serta maminkan drama. Tokoh yang terkenal yaitu : Michael jordan, Martha Graham (penari balet), Susi susanti. 
  • Kecerdasan Musikal (Ritmik) : Kecerdasan ini yaitu berkaitan dengan kemampuan dalam mendengarkan pola musik dan ritmik secara natural dan kemudian dapat memproduksikannya. Bentuk dari kecerdasan ini sangat menyenangkan karena musik mampu mengubah kesadaran, menghilangkan stress dan meningkatkan fungsi otak. Tokoh terkenal yaitu : Stevie Wonder, Melly Guslow, Titik Puspa.
  • Kecerdasan Interpersonal : Kecerdasan ini wajib dimiliki bagi tugas-tugas ditempat kerja negosiasi dan menyediakan umpan balik atau evaluasi. Sangat berkaitan dengan pelajaran PPKN, Sosiologi. Manager, konselor, terapis, politikus, mediator adalah pengguna kecerdasan ini. Mereka mampu membaca suasana hati, temperamen, motivasi dan maksud orang lain. Tokoh terkenal Lincoln dan Mahatma Gandhi.
  • Kecerdasan Spiritual : Kecerdasan ini adalah sebuah kombinasi dan kesadaran interpersonal dan kecerdasan interpersonal dengan sebuah komponen "nilai" yang ditambahkan padanya. Kecerdasan ini adalah kecerdasan rohaniah yang menuntun kita menjadi manusia yang utuh, berada pada bagian yang paling dalam dalam diri kita.
  • Kecerdasan Intrapersonal : Bentuk kecerdasan ini merupakan kemampuan untuk memahami dan mengartikulasikan cara kerja terdalam dari karakter dan kepribadian, Kecerdasan ini sering disebut sebagai kebijaksanaan dan berkaitan dengan jurusan psikologi. 
Itu dia delapan jenis kecerdasan manusia. Sekarang pahamilah bagian yang mana yang menjadi dominan bagi dirimu dan kembangkanlah untuk meraih kesuksesan. Karena hal yang mudah dilakukan adalah hal yang kita sukai dan kita mampu.

Semoga bermanfaat ^_^

Sumber : Yanuarita, Andri ( 2012). Memaksimalkan Otak Melaui Senam Otak. Jawa tengah : TeranovaBooks
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool