Assalamu'alaikum.... ^_^ Apa itu sugesti ?

Apa itu sugesti ?

Apa itu sugesti ?
Sugesti dapat diartikan sebagai pengaruh jiwa atau perbuatan seseorang sehingga menyebab kan pikiran, perasaan, dan kemauannya terpengaruh dan dengan begitu orang mengakui atau meyakini apa yang dikehendaki dari padanya.

Karena hal tersebut menyebabkan pikiran seseorang jadi terkesampingkan alias pikirannya tidak lagi digunakan. Inti dari sugesti yaitu didesaknya suatu keyakinan kepada seseorang yang akan diterima mentah-mentah tanpa berpikir terlebih dahulu.

Sugesti yang dilakukan pada diri sendiri disebut Oto-sugesti. Hal tersebut banyak terjadi di masyarakat. Sebagai contoh : Kita yang hendak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan jalur darat atau lain sebagainya. Ketika kita duduk dikursi bus, atau lain kendaraan sebagainya. Katakanlah " Aku pasti nayaman, semakin kencangseiring jalannya bus maka aku semakin tenang hingga tertidur".  Maka tak heran ada beberapa orang ketika naik mobil, pesawat, dll lansung terlelap. Hal tersebut karena dia telah melakukan oto-sugesti.

Mensugesti orang berarti usaha mempengaruhi proses kejiwaan (pikiran, perasaan dan kemauan ) orang lain sehingga dia menjadi patuh apa yang didisugestikan oleh si pesugesti. Hal ini seperti yang sering dilakukan oleh tokoh magician Romi Rafael. Namun tetap saja betapapun besarnya pengaruh sugesti pada orang lain tentu ada batasnya. Karena untuk mensugestikan seseorang diperlukan alat psikis yang sama yaitu pikiran dan perasaan yang kurang lebih sejenis dengan kehidupan sendiri, sama dengan milik pemberi sugesti. Contonya : Film-film dan buku-buku detektif, akan mendorong jiwa-jiwa muda untuk melakukan hal yang sama dengan pelaku tokoh dalam film atau buku tersebut.

Sugesti sangat bermanfaat apabila digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Kita bisa melakukan oto-sugesti demi tercapainya target yang ingin dicapai. Buanglah sifat-sifat negatif dalam diri dan oto-sugestikan dengan kata-kata yang semangat, berani, positif dan jiwa pantang menyerah. Namun kita juga harus berhati-hati suapaya tidak mudah terkena sugesti orang lain. Dari itu kita harus punya pendirian. Orang yang mudah terkena sugesti disebut sugestibel yaitu biasanya terdapat pada anak-anak kecil, orang yang kurang pengertiannya, kurang pengalaman dan orang yang tidak terpelajar. 

Semoga bermanfaat ^^



Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool